Soal dan kunci jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD
Soal dan kunci jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam program ini Anda akan melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran secara mandiri melalui program pembelajaran otomatisasi dengan alokasi waktu selama 32 jam pertemuan yang dapat Anda atur secara fleksibel. Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum disusun dengan memadukan tahapan dan pendekatan modular yang memfasilitasi peserta melakukan personalisasi pembelajaran. Selain itu, program ini dapat mendorong guru untuk saling belajar dengan guru yang lain dalam hal berbagi praktik baik pembelajaran.
Berikut kami berbagi Soal dan kunci jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD.
1.
11. Perhatikan komponen
berikut:
(a) Konten
(b) Proses kognitif
(c) Proses non kognitif
(d) Konteks
Manakah yang mencakup tiga
komponen penilaian asesmen literasi membaca?
o (a),
(b), (c)
o
(a),
(b), (d)
o (a),
(c), (d)
o (b), (c), (d)
Correct
Komponen AKM literasi membaca yaitu pertama, konten yang terkait
teks informasi dan teks fiksi. Kedua, proses kognitif terkait menemukan
informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi. Ketiga,
konteks yang terkait personal, sosial budaya, dan saintifik.
2. 1. Pernyataan yang benar mengenai Asesmen
Nasional yaitu….
o
Digunakan
sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
o Digunakan
sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
o Diberikan
di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
o Diberikan
untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
Correct
Asesmen Nasional diberikan untuk mengukur kualitas pembelajaran di
setiap satuan pendidikan, bukan untuk mengukur capaian hasil belajar siswa.
3. 21. Salah satu ciri pembelajaran berbasis
kompetensi adalah….
o Berpusat
pada materi pembelajaran
o Belajar
untuk cakupan materi
o
Belajar
untuk pemahaman konsep dan keterampilan
o Berorientasi
pada nilai akhir
Correct
Pada pembelajaran berbasis kompetensi, siswa diharapkan memiliki
penguasaan konsep, keterampilan dan pengetahuan sebagai proses pembelajaran.
Pembelajaran berbasis kompetensi berpusat pada kebutuhan dan berorientasi pada
proses dan penguasaan kompetensi.
4. 24. Guru Cleo memberikan soal teks dan
ditemukan siswa mampu mengintegrasikan beberapa informasi teks pada bacaan
yang berbeda maka siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
o Perlu
intervensi khusus
o Dasar
o Cakap
o
Mahir
Correct
Siswa dikategorikan ‘mahir’ apabila mampu mengintegrasikan
beberapa informasi lintas teks; mengevaluasi isi, kualitas, cara penulisan
suatu teks, dan bersikap reflektif terhadap isi teks.
5. 17. Asesmen literasi membaca tingkat SD
dilaksanakan dalam….
o 1
level pembelajaran
o 2
level pembelajaran
o
3
level pembelajaran
o 4
level pembelajaran
Correct
Asesmen literasi untuk jenjang SD/MI dilaksanakan dalam 3 level
pembelajaran yaitu level 1 (kelas 1 dan 2), level 2 (kelas 3 dan 4), dan level
3 (kelas 5 dan 6).
6. 15. Pada asesmen numerasi tingkat SD, hal yang
akan diujikan dalam konten geometri dan pengukuran level pembelajaran 2 yaitu….
o Mengenal
segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
o Mengenal
limas kerucut dan bola
o
Mengenal
prisma dan tabung
o Mengenal
balok dan kubus
Correct
Segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran, balok dan kubus
merupakan level pembelajaran awal karena dipelajari sebelum mempelajari
prisma dan tabung. Sedangkan bangun limas dan bola termasuk dalam asesmen
numerasi level 3 karena dipelajari setelah mempelajari tabung dan prisma.
7. 3. Salah satu instrumen Asesmen Nasional
adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan
utama yaitu….
o Mengukur
kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
o
Mengukur
hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai
pancasila
o Mengukur
hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan
numerasi
o Mengukur
kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu
kualitas sekolah
Correct
Survei karakter dirancang untuk mengukur capaian siswa dari
hasil belajar sosial-emosional yang mencakup karakter (sifat, kebiasaan,
dan nilai-nilai pancasila).
8. 2. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek
pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui….
o Survei
karakter
o
Survei
lingkungan belajar
o Asesmen
Kompetensi Minimum
o Survei
kualitas sekolah
Correct
Survei lingkungan belajar dilakukan untuk mengevaluasi dan
memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran.
9. 10. Dari yang sudah dipelajari mengenai
Asesmen Kompetensi Minimum maka dapat disimpulkan bahwa….
o Asesmen
Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
o Dengan
Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
o
Hasil
Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
o Asesmen
Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap
konten
Correct
Hasil pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum untuk
mengevaluasi berbagai bidang pembelajaran. Asesmen Kompetensi
Minimum tidak dilakukan untuk penentuan kelulusan siswa, dan
bukan untuk mengukur penguasaan konten tetapi mengukur kemampuan bernalar
siswa. Meskipun telah dilaksanakan asesmen, ujian sekolah tetap akan
dilaksanakan.
10. 14. Guru Aziz meminta siswa untuk memilih
setiap kalimat yang menyatakan latar tempat dalam bacaan. Kompetensi apakah
yang ingin diukur oleh Guru Aziz melalui pertanyaan tersebut?
o Menyimpulkan
perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain
o Membandingkan
hal-hal utama dalam teks sastra
o Merefleksi
pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
o
Mengidentifikasi
perubahan dalam elemen intrinsik pada teks
Correct
Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik
(kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra sesuai
jenjangnya.
1127. Bagaimana hasil Asesmen Kompetensi Minimum
(literasi dan numerasi) dapat digunakan untuk menyusun strategi pembelajaran
yang efektif dan berkualitas terhadap pembelajaran lain?
o
Menyesuaikan
pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
o Melakukan
penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
o Menyusun
pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
o Menyesuaikan
pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
Correct
Fokus asesmen adalah kompetensi berpikir
sehingga hasil pengukuran tidak sekedar mencerminkan prestasi akademik
pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika saja. Literasi dan numerasi justru
bisa dan seharusnya memang dikembangkan melalui berbagai mata pelajaran,
termasuk IPA, IPS, kewarganegaraan, agama, seni, dan mata pelajaran lainnya.
Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru berbagai mata
pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas
sesuai dengan tingkat kompetensi siswa.
12. 4. Perbedaan Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional
adalah….
o Ujian
Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional
untuk tingkat akhir
o Ujian
Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama
4 hari
o
Ujian
Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa
sampel
o Ujian
Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen
Nasional dilakukan secara daring
Correct
·
Siswa yang mengikuti Asesmen
Nasional adalah siswa pada tingkat kelas 5, 8, dan 11, dan tidak dilakukan pada
semua siswa, sedangkan ujian nasional diwajibkan bagi semua siswa pada tingkat
akhir.
·
Asesmen Nasional dilakukan
selama 2 hari sedangkan ujian nasional dilakukan 4 hari
13. 23. Dari hasil AKM ditemukan bahwa siswa mampu
mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam maka
siswa tersebut dapat dikategorikan dalam kelompok….
·
Perlu
intervensi khusus
·
Dasar
·
Cakap
·
Mahir
Correct
Siswa dikategorikan ‘cakap’ apabila mampu mengaplikasikan
pengetahuan yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam sedangkan kategori
‘mahir’ jika mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah berdasarkan
konsep literasi mau pun numerasi yang dimilikinya.
14. 8. Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian
Nasional memiliki beberapa perbedaan termasuk dalam konteks soal. Dari
pernyataan berikut manakah yang menunjukkan ciri-ciri soal Asesmen Kompetensi
Minimum?
·
Konteks
masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
·
Soal
bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
·
Soal
mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
·
Dalam
soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
Correct
Asesmen Kompetensi Minimum melihat bagaimana siswa mampu mengaplikasikan konten pembelajaran ke dalam kehidupan
sehari-hari, sehingga konteks soal yang diberikan harus relevan dengan dunia nyata. Sedangkan Ujian Nasional memberikan soal yang
lebih menekankan pada bagaimana penguasaan konten untuk mengerjakan soal yang
diberikan.
15. 6. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi
Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup….
·
Teks
informasi dan teks fiksi
·
Teks
prosedur dan teks prosedur kompleks
·
Teks
observasi dan teks deskripsi
·
Teks
wacana dan teks argumentasi
Correct
Dalam pelaksanaan AKM konten literasi terdiri atas teks fiksi
(cerita) dan teks informasi (berisi informasi fakta).
16. 18. Analisis soal berikut dan temukan manakah
yang termasuk dalam soal Asesmen Kompetensi Minimum!
·
Andi
memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan
maka beratnya menjadi …. kilogram.
·
Perhatikan
kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling
sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?
·
KPK
dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….
·
Diketahui
sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?
Correct
Jawaban soal (b) lebih mencerminkan persoalan yang terkait dengan
kehidupan sehari-hari.
17. 25. Bagaimana keterkaitan antara Asesmen
Kompetensi Minimum dengan standar kurikulum secara keseluruhan?
·
Asesmen
Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
·
Asesmen
Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara
keseluruhan
·
Asesmen
Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada
tiap kelas
·
Asesmen
Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
Correct
Asesmen Kompetensi Minimum tidak terikat erat dengan konten
kurikulum. Namun, dari sisi konten, memperhatikan apa yang (seharusnya)
diajarkan oleh guru pada tiap kelas dan jenjang pendidikan.
18. 19. Bagaimana dampak Asesmen Kompetensi
Minimum pada siswa SD yang diketahui tidak ada Ujian Nasional sebelumnya?
·
Asesmen
Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi
beban tambahan
·
Asesmen
Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD untuk memasuki jenjang SMP
·
Asesmen
Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai
pencapaian siswa
·
Asesmen
Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa,
melainkan berfokus pada proses
Correct
Asesmen baru ini dirancang agar tidak memiliki konsekuensi bagi
siswa. Karena itu, Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi tolak ukur untuk
mengukur pencapaian siswa atau sebagai seleksi untuk memasuki jenjang
berikutnya, melainkan untuk pemetaan mutu pendidikan.
19. 28. Dalam asesmen numerasi siswa dituntut
untuk bernalar menggunakan konsep matematika dan memberikan solusi yang lebih
aplikatif sehingga soal yang diberikan akan mendorong siswa untuk….
·
Menyelesaikan
soal sesuai konsep matematika
·
Mengaplikasikannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Memahami
data dalam bentuk tabel maupun grafik
·
Memahami
fakta, prosedur, serta alat matematika
Correct
Melalui soal AKM, siswa melatih kemampuan bernalar dan
mengaplikasikan konsep matematika yang telah dipelajari sehingga mampu
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
20. 13. Pada soal-soal literasi yang diberikan,
Guru Rani memberikan bacaan fiksi mengenai bayi komodo. Guru Rani membuat
pertanyaan “Apa yang membuat bayi komodo takut ketika melihat bayi komodo
lain?” Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Rani?
·
Menilai
kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Menyimpulkan
perasaan dan sifat tokoh pada teks
·
Mengidentifikasi
kejadian yang dihadapi tokoh cerita
·
Menyusun
inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
Correct
Kata takut, gembira, sedih, dan kata sifat lainnya mengenai
perasaan seseorang atau sesuatu merupakan kompetensi untuk menyimpulkan
perasaan dan sifat tokoh pada teks sastra sesuai jenjangnya.
21. 12. Guru Anwar memberikan soal teks bacaan
sederhana pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan
dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Anwar?
·
Menemukan
informasi tersurat
·
Membandingkan
hal-hal utama dalam teks
·
Menilai
kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
·
Mengidentifikasi
kejadian yang dihadapi tokoh cerita
Correct
Pertanyaan siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana digunakan untuk menemukan informasi tersurat
pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
22. 30. Bagaimana keterkaitan antara pelaksanaan
AKM dan tantangan pembelajaran berbasis kompetensi yang dihadapi guru?
·
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai
tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
·
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik
utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir
berupa nilai
·
Pelaporan
Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran
untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
·
Pelaporan
hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus
dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
Correct
Tantangan pembelajaran berbasis kompetensi bagi guru antara lain
adalah kemampuan untuk mengidentifikasi tahapan kompetensi dasar siswa termasuk
literasi dan numerasi. Laporan hasil AKM dapat membantu memetakan tahapan
kompetensi siswa.
23. 5. Pernyataan yang tepat mengenai ragam butir
soal yang digunakan dalam Asesmen Kompetensi Minimum yaitu….
·
Jumlah
butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
·
Semua
siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat
kesulitan sama
·
Soal
asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
·
Kompetensi
mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
Correct
·
Siswa pada jenjang SD/MI akan
diberikan 30, sedangkan siswa jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA akan diberikan 36
soal.
·
AKM dilaksanakan
secara adaptif, sehingga setiap siswa akan menempuh soal yang sesuai dengan
kemampuan siswa itu sendiri.
·
AKM mengukur
kompetensi mendasar yang perlu dipelajari semua siswa tanpa membedakan
peminatannya.
24. 29. Apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh
sekolah terkait hasil AKM?
·
Memetakan
pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang
sekolah yang lebih tinggi
·
Menyusun
dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih
baik lagi
·
Mendorong
siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak
relevan dengan AKM
·
Merefleksi
hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi
serta karakter siswa
Correct
Seperti yang sering dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan Asesmen
Nasional bukan untuk memetakan prestasi siswa namun mendorong mutu pendidikan
dan peningkatan prestasi siswa sehingga hasil Asesmen Kompetensi
Minimum dapat digunakan untuk refleksi dan melakukan perbaikan
pembelajaran di sekolah untuk membangun kompetensi dan karakter siswa.
25. 20. Pada tingkat SD asesmen literasi maupun
numerasi terdapat 3 level pembelajaran, manakah yang menunjukkan penjelasan
yang tepat mengenai setiap level tersebut?
·
Pada
level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan
pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi
dan fungsi bilangan.
·
Pada
level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun
desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan
pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi.
Mempelajari data dengan representasinya.
·
Pada
level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun
desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan
pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi.
Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
·
Pada
level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi
penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun
desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan
pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi.
Mempelajari data dengan representasinya.
Correct
Pada level pembelajaran 1 siswa belum mendapatkan konten mengenai
data dan ketidakpastian, sedangkan pada level 2 dan 3 terdiri atas konten
bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, serta data dan ketidakpastian.
Selain itu yang membedakan antara level 2 terdapat penentuan kejadian dan
peluang, sedangkan level 3 tidak terdapat materi tersebut.
26. 9. Manakah dalam pernyataan berikut yang
merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal
Ujian Nasional?
·
Mutu
pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran
tertentu
·
Penentuan
dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
·
Kemampuan
kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
·
Menekankan
pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
Correct
Asesmen Kompetensi Minimum menekankan pada penguasaan
kompetensi dan pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan Kompetensi
yang diukur pada Ujian Nasional sudah sampai pada level interpretasi
(pemahaman) namun kurang mengevaluasi maupun merefleksi.
27. 16. Menyelesaikan soal mengenai persamaan
linear merupakan merupakan salah satu konten dalam asesmen numerasi yaitu….
·
Bilangan
·
Geometri
dan pengukuran
·
Aljabar
·
Data
dan ketidakpastian
Correct
Salah satu pokok mengenai pembelajaran aljabar adalah persamaan,
baik persamaan sederhana maupun persamaan linear.
28.
22. Berikut adalah beberapa
pernyataan mengenai pembelajaran berbasis konten dan pembelajaran berbasis
kompetensi:
0. Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
1. Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan
nyata siswa
2. Belajar untuk cakupan materi yang harus
dikuasai
3. Berorientasi pada konteks dan penguasaan
kompetensi
4. Berorientasi pada nilai akhir
5. Menjawab serangkaian pertanyaan topik
berdasarkan teks
Manakah pernyataan yang
menunjukkan pembelajaran berbasis konten?
o 1),
3), 5)
o 2),
4), 5)
o
3),
5), 6)
o 1),
4), 6)
Correct
Pernyataan nomor 1, 2, dan 4 menunjukkan karakteristik
pembelajaran berbasis kompetensi, sedangkan pernyataan nomor 3, 5, dan 6,
menunjukkan karakteristik pembelajaran berbasis konten.
29. 7. Kompetensi minimum yang dimaksudkan dalam
AKM adalah….
o
Kompetensi
dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
o Kompetensi
dasar yang harus dimiliki sekolah
o Kompetensi
matematika dan Bahasa Indonesia siswa
o Kompetensi
minimal setara yang harus dimiliki siswa
Correct
Dalam penilaiannya asesmen literasi dan numerasi, mengukur konten
tertentu yang didasarkan pada kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa untuk
mempelajari materi apapun.
30. 26. Soal dalam asesmen literasi menggunakan
proses kognitif yang lebih baik dibandingkan Ujian Nasional karena terdapat
proses baru yaitu….
o Mencari,
mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
o Memahami
informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
o Memadukan
interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
o
Mengevaluasi
dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
Correct
Kompetensi yang diukur pada Ujian Nasional sudah sampai pada level
interpretasi (pemahaman) namun belum sampai pada tahap mengevaluasi maupun
merefleksi isi teks. Hal ini baru diterapkan pada Asesmen Kompetensi Minimum.
Post a Comment for "Soal dan kunci jawaban Soal Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri AKM Tingkat SD"